Pengenalan Flowchart
Flowchart merupakan gambar
atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta
instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap
simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses
digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart
ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan
poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat
dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram
(programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahasa pemrograman.
Simbol-simbol flowchart
Flowchart
disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan
proses di dalam program. Simbol-simbol yang dipakai antara lain :
Flow Direction symbol
Terminator Symbol
Yaitu simbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop)
dari suatu kegiatan
Connector Symbol
Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan
proses dalam lembar / halaman yang sama.
Connector Symbol
Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan
proses pada lembar / halaman yang berbeda.
Processing Symbol
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh
komputer
Simbol Manual Operation
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak
dilakukan oleh komputer
Simbol Decision
Simbol pemilihan proses berdasarkan kondisi yang ada.
Simbol Input-Output
Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa
tergantung dengan jenis peralatannya
Simbol Manual Input
Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line
keyboard
Simbol Preparation
Simbol untuk
mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di
dalam storage.
Simbol Predefine Proses
Simbol untuk pelaksanaan suatu bagian
(sub-program)/prosedure
Simbol Display
Simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan
yaitu layar, plotter, printer dan sebagainya.
Simbol disk and On-line Storage
Simbol yang menyatakan input yang berasal dari disk
atau disimpan ke disk.
Simbol magnetik tape Unit
Simbol Punch Card
Simbol yang menyatakan bahwa input berasal dari kartu
atau output ditulis ke kartu
Simbol Dokumen
Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen
dalam bentuk kertas atau output dicetak
ke kertas.
Kaidah-kaidah pembuatan Flowchart
Dalam pembuatan flowchart
tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan
gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer.
Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram
dengan pemrogram lainnya.
Namun
secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama,
yaitu;
¨ Input berupa bahan mentah
¨ Proses pengolahan
¨ Output berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data
dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah,
yaitu;
q
START: berisi
instruksi untuk persiapan perlatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan
masalah.
q
READ: berisi
instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.
q
PROCESS: berisi
kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang
dibaca.
q
WRITE: berisi
instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.
q
END: mengakhiri
kegiatan pengolahan
Gambar
berikut memperlihatkan flowchart dari kegiatan dasar diatas.
Dari gambar
flowchart di atas terlihat bahwa suatu flowchart harus terdapat proses
persiapan dan proses akhir. Dan yang menjadi topik dalam pembahasan ini adalah
tahap proses. Karena kegiatan ini banyak mengandung variasi sesuai dengan
kompleksitas masalah yang akan dipecahkan. Walaupun tidak ada kaidah-kaidah
yang baku dalam
penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran yaitu:
§
Hindari
pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya
proses menjadi singkat
§
Penggambaran
flowchart yang simetris dengan arah yang jelas.
§
Sebuah flowchart
diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
Operator
1. Operator Numerik 2.
Operator Hubungan
+
|
Penjumlahan
|
=
|
Sama dengan
|
|
-
|
Pengurangan
|
#
|
Tidak sama dengan
|
|
*
|
Perkalian
|
<
|
Lebih kecil
|
|
/
|
Pembagian
|
>
|
Lebih Besar
|
|
^
|
Pangkat
|
<=
|
Lebih kecil sama dengan
|
|
sqrt
|
Akar pangkat dua
|
>=
|
Lebih besar sama dengan
|
3. Operator Logika
AND
|
Logika DAN
|
OR
|
Logika ATAU
|
NOT
|
Logika LAWAN
|
No comments:
Post a Comment
Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!