TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Friday, May 31, 2013

Penyebab Tawuran Warga dan Upaya Penyelesaiannya


Tawuran adalah suatu tindak kekerasan yang dilakukan suatu kelompok/warga dalam rangka menyerang atau berkelahi dengan warga lain. Tawuran juga sering menggunakan benda-benda tumpul maupun tajam untuk melukai maupun menghajar warga lain.  Tawuran antar warga dalam banyak kasus sering menimbulkan korban jiwa, luka-luka dan kerugian harta benda. Akan tetapi, emosi masyarakat tidak bisa dibendung karena berlaku teori kerumunan massa, dimana emosi warga menyatu sehingga emosi membara dan kehilangan akal sehat.

Kelompok kecil yang dominan pada saat terjadi tawuran, akan mempengaruhi dan memberi dorongan sugestif kepada kerumunan masyarakat yang berkerumun, sehingga tawuran sulit dihentikan.


Penyebab Tawuran
A. Faktor Internal
     Faktor internal ini yaitu perseorangan yang tidak bisa menyesuaikan diri di lingkungannnya, khususnya satu keluarga yang tidak bisa adaptatif dengan lingkungannya.
Kasus tawuran antar warga ada yang disebabkan pribadi dalam keluarga. Suami istri yang tidak bahagia suka konflik menyebabkan anak-anaknya kehilangan jati diri dan menjadi bengalyaitu tidak mengindahkan orang tua dan melawan. Akhirnya sifatnyapun terbawa-bawa keluar sehingga ikut melakukan aksi tawuran.

B. Faktor Eksternal
     Terdiri dari:
     1) Faktor Lingkungan
          Yaitu faktor lingkungan yang mempengaruhi perilaku seseorang. Lingkungan padat, kumuh dan miskin bisa menyebabkan seseorang cepat emosional dan marah.
     2) Faktor Pengangguran
         Warga yang tidak ada pekerjaan berpotensi melakukan banyak masalah sebab mereka mempunyai banyak waktu luang. Keadaan ini memicu berbagai isu dan persoalan untuk melakukan aksi tawuran.
    3) Faktor Kemiskinan
         Warga miskin yang tinggal di kawasan padat dan kumuh, dengan mudah bisa disulut untuk melakukan tawuran. Tempat tinggal yang sempit disiang hari terasa panas dan menyengat menyebabkan mereka menjadi temperamental. Persoalan kecil saja bisa menjadi pemicu tawuran. Apalagi kalau ada yang mendanai kegiatan tawuran.
    4) Rebutan lahan ekonomi
         Konflik antar warga yang paling sering terjadi adalah perbutan sumber ekonomi misalnya yang terjadi di Jalan Kamal Raya, Cengkareng. Lahan kosong seluas hampir dua kali lapangan sepak bola tiba-tiba dijaga salah satu kelompok yang mau menguasai lahan tersebut ehingga menimbulkan reaksi dari pihak lain. Akibatnya pecah tawuran.
    5) Penjualan Narkoba
Dalam kasus tawuran di johar baru, ditenggarai atau diduga dibalik tawuran ada penjualan narkoba. Tawuran sengaja dilakukan untuk mengalihkan perhatian aparat supaya penjualan narkoba leluasa dilakukan.


Cara Mencegah aksi tawuran
1) Dalam keluarga, hendakya sejak dini ditanamkan pembinaan karakter yang kuat dan keluarga yang harmonis agar kelak mempunyai karakter sifat yang baik dengan begitu aksi tawuran tak dapat dilakukan.

2) Setiap orang hendaknya melakukan hubungan sosialisasi yang baik dengan warga yang lain.

3) Ajak tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemimpin informal untuk berpartisipasi menjaga keamanan dan kertertiban di kawasan rawan tawuran.

4) Melakukan pembinaan berkelanjutan terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang berpotensi melakukan tawuran.


No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!