TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Tuesday, October 9, 2012

Etika Memposting di Internet

  Di era yang modern ini, siapa yang masih awam dengan internet? Internet memang sudah dikenal di berbagai kalangan. Tua muda pasti tahu apa itu internet. Internet juga digunakan di berbagai bidang, seperti dibidang edukasi, sosial, entertaiment, informasi, dan banyak lagi. Terlebih lagi internet juga merupakan media tercepat, terefektif, dan termurah untuk menyebarkan informasi  dan kita pun bisa mengaksesnya dengan mudah dari seluruh penjuru dunia ini.  Oleh karena itu, saking mudah dan cepatnya, internet dapat menimbulkan dampak positif dan negatif. Oleh karena itu, agar kita terhindar dari dampak negatifnya, kita perlu etika dalam memposting sesuatu di internet. Yaitu antara lain:

   Harap cantumkan indentitas anda dengan jujur dan benar
  Hal ini bertujuan agar pembaca bisa tahu dan kenal siapa pembuat blog tersebut. Dan ingat jangan memakai identitas palsu atau mengaku-ngaku sebagai orang lain.

  Jangan Plagiat
  Kejujuran itu baik tapi sulit dilakukan. Jika anda berbohong didunia maya itu bisa fatal akibatnya, apalagi jika kita meng-copy paste tulisan orang lain dan mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan yang kita buat, kita akan dituntut oleh pemilik asli blognya karena telah melanggar hak cipta suatu blog. So,  Jadilah diri anda sendiri :) Oleh karena tu jika anda ingin mengcopy atau mengkutip suatu tulisan dari orang lain sebaiknya mencantumkan nama atau url si penulis tersebut.

  Jangan menggunakan huruf kapital
  Penggunaan karakter huruf mancerminkan suasana hati si penulis yang sedang berteriak, emosi atau marah. Bagaimana perasaan anda jika menghadapi lawan bicara yang penuh emosi? Tentu saja tidak mengenakkan di hati anda. Yang perlu anda tahu bahwa huruf kapital digunakan untuk memberi penegasan arti. Tapi yang harus diperhatikan bahwa gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja dan jangan berlebihan.

   Gunakan ejaan yang benar
   Bahasa dan tulisan memang suatu hal yang terpenting dalam memposting di internet. Oleh karena itu hendaknya kita menggunakan bahasa dan tulisan yang benar. Tak usah terlalu baku, hendaknya disesuaikan dengan gaya dan cara penulisan anda sendiri

  Jangan menyimpang dari topik
  Hendaknya anda jangan keluar dari topik artikel yang anda bicarakan. Pembaca juga manusia, pembacapun tahu dan jeli apa yang anda postingkan.

  Hindari dan jaukan dari SARA
  Sangat fatal akibatnya jika anda menghina Suku, Agama, Ras. Bisa bisa anda dituntut ke ranah hukum. Jadi hindarilah itu semua dan tetap berpegang teguh pada agama masing- masing serta jangan memperdebatkan SARA. 

  Gunakan kata-kata yang sopan
  Jika kita memposting berita atau bertanya di internet sebaiknya anda menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung. Agar kita dapat berkomunikasi dengan baik dan nyaman tanpa gangguan.

  Jangan memposting berita bohong / HOAX
  Jangan memposting berita yang belum tentu akan kebenarannya. Karena bisa jadi itu adalah berita bohong.

  Bersikaplah bijak & dewasa
  Tentunya anda para blogger sudah dewasa, bukan? Oleh karena itu hendaknya anda memposting sesuatu yang layak dan pantas untuk diketahui orang banyak. Tua itu pasti, tapi dewasa adalah pilihan :)

Sumber: Dinamic Blog
 
 

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!