TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Tuesday, October 9, 2012

Pengantar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar



  Hakekat dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah pengetahuan yg mengkaji masalah - masalah sosial, khususnya masalah - masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan berdasarkan fakta yg berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan dalam lapangan ilmu - ilmu sosial. ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep - konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala - gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat meningkat, sehingga mahasiswa mempunyai kepekaan terhadap lingkungan yang lebih besar.
Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah kebudayaan manusia. Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar diharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus tata kramanya. Dengan demikian bisa dikatakan sangat berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai manusia yang berbudaya. Agar manusia menjadi humanis, manusia harus mempelajari ilmu yaitu Ilmu Budaya Dasar disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya sebagai manusia itu sendiri.

  Ilmu Sosial Dasar sebagai MK Berkehidupan Bermasyarakat dan Pendidikan Umum
  Kompetensi yang diharapkan untuk para mahasiswa setelah belajar ISD ini adalah dapat menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesedarajatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang berdasarkan kepada: 
  • Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berpegang teguh terhadap ajaran agamanya dan memiliki tenggang rasa yang tinggi terhadap pemeluk agama lain.
  • Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan memiliki kepribadian yang baik.
  •  Memiliki wawasan yang luas dalam menyikapi berbagai masalah sosial.
  •  Memilki wawasan budaya yang luas, mampu berperan serta dan mampu menjaga keutuhan budayanya.
   ISBD Sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Sosial Budaya
  Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi masalah antara unsur-unsur yang ada dapat mengakibatkan gangguan hubungan sosial seperti perpecahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
  Masalah sosial ada akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai - nilai dengan kenyataan yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu proses sosial. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditentukan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dsb. 
  Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yaitu:
1. Faktor Biologis
2. Faktor Ekonomi
3. Faktor Psikologis
4. Faktor Budaya

   Perbedaan ISD dan IBD
  Ilmu Sosial Dasar (ISD)  = Realita sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Realita sosial tersebut sering dipandang secara berbeda oleh para ahli ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial yang saling berkaitan. Contoh: Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial, Sejarah, Geografi Sosial, Sosiologi, dan Antropologi Sosial.
  Ilmu Budaya Dasar (IBD)  = Aspek kehidupan yang mengkaji masalah-masalah budaya dan kemanusiaan yang dapat dikaji baik dari segi keahlian, disiplin didalam pengertian budaya, maupun gabungan antara keahlian dan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. Dalam menghadapi lingkungan alam, sosial, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidaksamaan, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan ungkapan, berupa pikiran, perasaan, dan tingkah laku. Contoh: Seni, Moral, Hukum, Adat Istiadat (Kebiasaan), Pengetahuan, Kepercayaan, dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari masyarakat.
 
è   
 

    Sumber: kafiehudson



No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!