TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Tuesday, October 23, 2012

Keluarga dan Fungsi Keluarga




Definisi Keluarga

Keluarga berasal dari kata bahasa Sanskerta, yaitu  "kulawarga". "kula" artinya ras . Dan "warga" yang berarti anggota. Yaitu lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.

Pengertian keluarga menurut Depkes RI tahun 1998 adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas Kepala Keluarga dan beberapa orang yang berkumpul bersama dan tinggal di suatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, kelompok serta masyarakat yang memiliki ikatan, kewajiban, dan tanggung jawab.

Jenis Keluarga

Ada beberapa jenis keluarga, yakni :
  1. Keluarga Inti yaitu yang terdiri dari suami, istri, dan anak-anaknya.
  2. Keluarga Besar yaitu keluarga inti yang disatukan dengan kerabat dan saudara yang mempunyai garis keturunan yaitu paman, bibi, saudara sepupu, keponakan, kakek, nenek dst.

Peranan Keluarga

Berbagai peranan keluarga adalah sebagai berikut:
1. Ayah sebagai suami untuk istri dan anak-anak, berperan sebagai kepala keluarga pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.

2. Istri sebagai Ibu untuk anak-anaknya, berperan untuk mengurus rumah tangga, pengasuh dan pendidik anak-anaknya, dan juga dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.

3. Anak-anak melaksanakan tugasnya sesuai dengan tingkat perkembangannya baik dari aspek fisik, mental, sosial, dan spiritual. 

Fungsi Keluarga

Beberapa fungsi keluarga antara lain:
  1. Fungsi Edukasi yaitu fungsi tentang bagaimana keluarga mendidik dan menyekolahkan anaknya untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depannya
  2. Fungsi Sosialisasi yaitu fungsi tentang bagaimana keluarga mempersiapkan anak bersosialisasi dengan baik dan benar dalam bermasyarakat.
  3. Fungsi Perlindungan yaitu fungsi tentang  bagaimana keluarga melindungi anak sehingga merasa merasa aman dan tenteram.
  4. Fungsi Perasaan yaitu fungsi tentang  bagaimana keluarga bisa merasakan perasaan anak dan anggota yang lain dalam berinteraksi. Sehingga menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.
  5. Fungsi Agama yaitu fungsi tentang bagaimana keluarga memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga lain untuk menganut dan menanamkan keyakinan pada Tuhan yang Maha Esa.
  6. Fungsi Ekonomi yaitu fungsi tentang bagaimana keluarga dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  7. Fungsi Rekreatif yaitu fungsi tentang bagaimana membuat suasana yang menyenangkan dalam keluarga.
  8. Fungsi Biologis yaitu fungsi tentang bagaimana keluarga meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya.

Sumber: Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!