TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Saturday, February 23, 2013

Tips Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Laptop adalah sebuah piranti elektronik canggih yang telah menjadi kebutuhan primer bagi orang yang bekerja di bidang Teknologi Informasi. Para pelajar dan mahasiswapun sudah banyak yang menggunakannya sebagai media penunjang pembelajaran mereka. Bahkan anak kecilpun sudah bisa mengoperasikannya. Harga laptoppun yang semakin terjangkau, membuatnya hampir setiap orang memiliki piranti ini.



Tetapi, seperti kata pepatah: "Menjaga sesuatu lebih sulit daripada mendapatkannya". Membeli laptop memang sulit, tetapi lebih sulit lagi merawatnya. Ada yang cuma bertahan beberapa bulan karena tidak bisa merawatnya. Sedangkan ada yang bisa sampai 5 tahun lebih jika anda tahu cara merawat laptop.

Oleh karena itu, saya akan berbagi tips bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar. Check this out :D

1. Lindungi Layar Monitor dengan Screen Protector
    Kelihatannya sepele, namun vital untuk melindungi layar monitor dari debu, goresan, & gesekan benda.



2. Gunakan Keyboard Protector
    Keyboard macet dan tidak bisa menginput data tentu sangat mengganggu. Gunakanlah keyboard protector untuk menghindari debu dan benda-benda kecil masuk ke sela-sela keyboard.



3. Jangan Gunakan Laptop Nonstop 24 jam
    Jangan pernah gunakan laptop seharian nonstop. Mesinpun bisa capek dan rusak. Apakah anda mau jika disuruh lari nonstop tanpa instirahat?Tentu tidak. Oleh karena itu, pakailah sesuai kebutuhan dan gunakan kipas pendingin apabila menggunakannya dalam waktu lama.


4. Gunakan Tas Gendong Khusus Laptop
    Apabila anda membawa laptop keluar rumah. Taruhlah laptop di tas gendong khusus laptop. Ini akan meminimalisir kerusakan apabila laptop tersebut jatuh atau terbentur benda lain.


5. Gunakan Software Antivirus
    Antivirus sangatlah penting untuk mencegah virus merusak data-data penting anda. Selalu aktifkan Real Time Protector Antivirus anda dan selalu update virus definition agar dapat mencegah virus lebih banyak.



6. Gunakan Software Utilities
Sofware ini digunakan untuk memperbaiki sistem yang bermasalah dan mempercepat performance komputer anda. Gunakanlah software seperti CCleaner, Advanced System Care, dll.


7. Waspada
    Ini tips yang terpenting. Selalu waspadalah kapanpun dan dimanapun anda berada. Terutama jika anda membawa laptop keluar rumah. Sebab di tempat umum bisa saja terjadi tindak kejahatan. Jika tidak waspada, bisa-bisa laptop anda melayang. Seperti kata bang napi dulu: "Kejahatan bukan terjadi karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah, Waspadalah" :D


Semoga Bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!