TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Monday, February 4, 2013

Cara Instal Ulang Windows Tanpa Kehilangan Data



Kali ini saya akan membahas cara instal ulang windows tanpa kehilangan data. Pernahkah anda mengalami komputer anda menjadi error yang disebabkan oleh hal yang tidak ketahui? Terkadang error yang parah pada komputer anda bahkan menyebabkan komputer tidak bisa booting kedalam Windows. Beberapa error lainnya masih memungkinkan untuk masuk kedalam windows tergantung kepada tingkat kerusakan pada sistem operasi anda.
Salah satu kendala yang dihadapi pengguna komputer pada umumnya adalah merasa enggan untuk melakukan instalasi ulang pada Windows karena mengharuskan mereka untuk memindahkan semua data terlebih dahulu sebelum menginstal ulang. Dan hal tersebut dapat cukup merepotkan bagi kebanyakan orang karena mereka juga harus menginstal semua software setelahnya.





Pada sistem operasi Windows terdapat sebuah file sistem bernama Attend yang berfungsi sebagai perintah untuk melakukan repair ulang komputer tanpa harus kehilangan data-data penting.
Cara ini jauh lebih baik daripada system repair melalui CD/DVD Installer Windows karena hal tersebut dapat merubah settingan pada komputer anda sebelumnya selain dapat membuat “sistem update” secara online menjadi bermasalah kemudian.
Berikut adalah langkah-langkah Cara Instal Ulang Windows Tanpa Kehilangan Data pada WIndows XP:
1.     Pastikan anda memiliki sebuah file pada Winnt32/unattend yang biasanya terdapat pada CD/DVD Windows anda. Cara untuk menemukan file tersebut di CD/DVD dapat melalui fitur Search pada Windows. Masukkan CD/DVD instalasi Windows > Klik kanan pada CD/DVD ROM > pilih Search..
2.     Setelah menemukannya, copy-kan lokasi file tersebut berada. Lalu klik Start Menu > Run. ketikkan cmd. Lalu tekan Enter.
3.     Setelah itu paste-kan lokasi file unattend tersebut dan tekan Enter untuk melanjutkan sistem melakukan instalasi ulang.
Catatan:
Pada umumnya file Winnt32 terdapat pada beberapa kemungkinan dibawah:
E:\I386\winnt32 /unattend ( Huruf E: disesuaikan dengan lokasi CD/DVD ROM anda)
E:\winnt32 /unattend

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!