TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Friday, May 31, 2013

Penyebab Persatuan dan Kesatuan yang mulai pudar



BEBERAPA PENGERTIAN PERSATUAN DAN KESATUAN INDONESIA
Persatuan berarti perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Sedangkan Kesatuan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh. Sehingga kesatuan erat hubungannya dengan keutuhan.
Persatuan dan kesatuan sendiri berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan dan kesatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.”
Prinsip-prinsip persatuan dan kesatuan dari keberagaman di Indonesia adalah sebagai berikut:
1) Prinsip Bhineka Tunggal Ika
Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama dan adat kebiasaan yang majemuk. Hal ini mewajibkan kita bersatu sebagai bangsa Indonesia.
2) Prinsip Nasionalisme Indonesia
Kita mencintai bangsa kita, tidak berarti bahwa kita mengagung-agungkan bangsa kita sendiri. Nasionalisme Indonesia tidak berarti bahwa kita merasa lebih unggul daripada bangsa lain. Kita tidak ingin memaksakan kehendak kita kepada bangsa lain, sebab pandangan semacam ini hanya mencelakakan kita. Selain tidak realistis, sikap seperti itu juga bertentangan dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3) Prinsip Kebebasan yang Bertanggungjawab
Manusia Indonesia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap dirinya, terhadap sesamanya dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang maha Esa.
4) Prinsip Wawasan Nusantara
Dengan wawasan itu, kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, serta pertahanan keamanan. Dengan wawasan itu manusia Indonesia merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.
5) Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi
Dengan semangat persatuan Indonesia kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur.

PERSATUAN DAN KESATUAN INDONESIA
Dalam kaitannya dengan Indonesia sebagai negara kesatuan, maka pengertian  bisa dikatakan bahwa persatuan adalah kumpulan bangsa-bangsa di Indonesia yang beragam macam yang mendiami wilayah geografis pulau-pulai di Indonesia sehingga membentuk kesatuan wilayah.
Dari segi geografis bisa dilihat di peta wilayah Indonesia. Pengertian wilayah Indonesia berarti bagian bumi yang membentang dari 95° sampai 141° Bujur Timur dan 6° Lintang Utara sampai 11o Lintang Selatan atau wilayah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke yaitu yang sesuai dengan batas-batas wilayah Indonesia.
Indonesia dalam arti luas adalah seluruh rakyat yang merasa senasib dan sepenanggungan yang bermukim di dalam wilayah itu. Senasib karena telah berhasil menjadi bangsa yang merdeka dan membentuk negara kesatuan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Arti Kesatuan itu menjelaskan tentang semboyan dari bahasa Sanskerta Bhinneka Tunggal Ika. Sering terjadi kekeliruan dengan menyebut bhineka yang sebetulnya adalah Bhinneka. Semboyan ini tersemat di kaki burung Garuda Pancasila sebagai falsafah Negara Indonesia.
Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia. Persatuan itu didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dan independen dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat. Pertahanan Keamanan Nasional menjadi kepentingan bersama seluruh bangsa yang diatur oleh Negara.
Definisi kesatuan yang sebenarnya ini perlu dipahami oleh seluruh elemen bangsa.

GERAKAN BHINNEKA JAGA PERSATUAN DAN KESATUAN INDONESIA
Gerakan Bhinneka Jaga Negara Kesatuan Indonesia perlu dikampanyekan untuk menjaga keutuhan Persatuan Indonesia baik melalui media massa maupun media komunikasi apa saja di seluruh wilayah Indonesia. Pengertian persatuan Indonesia atau pengertian persatuan dan kesatuan Indonesia perlu dipahami semua elemen bangsa.
Gerakan ini perlu didukung dengan upaya yang konkrit untuk mendominasi kegiatan-kegiatan yang positif di pulau-pulau terluar maupun daerah yang menjadi batas-batas wilayah Indonesia. Hal ini untuk mengantisipasi segala upaya yang memecah belah dan merusak persatuan dan kesatuan Indonesia. Tanpa upaya itu maka sulit bagi pemerintah untuk mengharapkan hasil yang berbeda, yaitu diharapkan untuk tumbuh dengan sendirinya.
Jatuhnya pulau sipadan dan ligitan ke tangan Malaysia merupakan salah satu contoh diantara sekian banyak contoh dimana kemenangan Malaysia atas kepemilikan kedua pulau tak bertuan itu karena dominasi Malaysia terhadap pulau tersebut dengan mengadakan kegiatan-kegiatan dan pembangunan yang konkrit dan nyata dipulau tersebut. Oleh karena itu Pemerintah Indonesia harus serius untuk menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pembangunan infrastruktur di daerah terisolir di Indonesia perlu menjadi prioritas pembangunan yang pada akhirnya menggerakkan perekonomian daerah perbatasan. Media televisi di daerah perbatasan ini harus dijangkau oleh stasiun televisi Nasional. Sebab tidak jarang ditemui ekonomi daerah perbatasan sangat tergantung dengan ekonomi negara tetangga sehingga tak heran jika mata uang asing bukan lagi menjadi valuta asing melainkan menjadi alat tukar yang wajar. Oleh karena itu pentingnya menjaga Persatuan dan Kesatuan wilayah dan negara kesatuan Republik Indonesia.
Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini arti kata www yaitu world wide web berarti jaringan luas dunia atau pun jaringan internet dunia telah bebas masuk sehingga pemerintah Indonesia harus gencar lewat media memberikan dominasinya terhadap daerah-daerah perbatasan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan.
Faktor penyebab internal
  1.  Pemerintahan pada jaman reformasi jauh dari harapan para pemuda, sehingga membuat mereka kecewa dengan kinerja pemerintah saat ini. Contoh dengan terkuaknya kasus korupsi
  2. Sikapm keluarga yang tidak mencerminkan sifat rasa kesatuan dan kesatuan , sehingga para pemuda meniru kan sikap tersebut
  3. Demokratisasi yang melewati batasnya etika dan sopan santun dan maraknya  unjuk rasa telah menimbulkan frustasi di kalangan pemuda dan hilangnya optimism, sehingga tertanam sifat malas, egois, dan emosional
  4. Munculnya etnosentrisme yang mengannggap sukunya lebih baik dengan suku manapun sehingga rasa persatuan tersebut hilang perlahan
Faktor penyebab eksternal
  1. Paham liberalisme yang dianut Negara- Negara maju yang memberikan dampak pada kehidupan bangsa . para pemuda meniru  paham tersebut seperti sikap individualisme yang hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memikirkan lingkungan dan makhluk sosial lainnya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!