TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Monday, March 28, 2016

Belajar Berwirausaha dan Mempelajari Hal Baru

Tugas Softskill   : Pengantar Komputasi Modern
Dosen                  : Siti Saidah, Skom., MMSI
Nama                   : Arie Ocktavian
NPM                    : 51412082
Kelas                    : 4IA09
___________________________________________________________________
Belajar Berwirausaha dan Mempelajari Hal Baru

Nama Saya Arie Ocktavian. Saya lahir di Jakarta, 14 Oktober 1993. Saya adalah anak pertama dari dua orang bersaudara. Beragama Islam dan merupakan keluarga kecil yang tinggal di Jatijajar – Depok. Saya seorang mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di Universitas Gunadarma yang mengambil jurusan Teknik Informatika. Semasa SD saya merupakan siswa yang cukup berprestasi di SDN Kosambi 3 Tangerang. Pelajaran yang saya sukai pada saat duduk di bangku SD adalah Bahasa Inggris, IPA, IPS, serta Bahasa Indonesia. Selama duduk di sekolah dasar saya sering mendapat peringkat 10 besar dan ikut lomba setingkat kecamatan untuk mewakili sekolah dan pada puncaknya saya kelas 6 saya mendapat rangking 1 di kelas dan setelah lulus sd saya mengikuti tes masuk SMPN 120 Jakarta Utara saya mendapatkan peringkat 1 NEM terbaik pada saat itu. Pada saat SMP saya juga tetap mendapatkan 10 besar walaupun telah jarang mengikuti lomba lagi. Saat SMP saya dikenal pendiam tetapi orang banyak mengenal saya. Ekskul yang saya ikuti adalah Voli selama 3 tahun. Pada saat SMP saya menyukai pelajaran Bahasa Inggris, IPA, Komputer, Agama Islam dan Bahasa Indonesia. Saya selalu mendapat nilai lebih untuk pelajaran Bahasa Inggris dan Komputer. Saat kelulusan saya juga mendapat nilai yang cukup baik walaupun bukan yang terbaik di sekolah itu.
            SMA saya di SMA Yadika 2 Jakarta Barat. Semasa SMA saya masih dikenal biasa saja dan tidak mempunyai banyak teman. Ekskul yang saya ikuti adalah Karate dan Bulutangkis. Mata Pelajaran yang saya sukai adalah olahraga, biologi, kimia, bahasa inggris dan Komputer. Semasa SMP saya pernah mengikuti psikotest yang diadakan di sekolah saya, dan saya mendapat IQ 126. Sewaktu SMA saya juga pernah mengikuti tes minat dan bakat dan hasilnya saya mendapat IQ 127 dan berpotensi melanjutkan karier di dunia Teknik Informatika / Farmasi. Maka itulah yang membuat saya melanjutkan kuliah di Universitas Gunadarma Jurusan Teknik Informatika.
            Setelah SMA, karena saya bukanlah golongan dari keluarga mampu saya ingin melanjutkan kuliah di Universitas Negeri, karena biayanya terjangkau bisa tergantung keuangan orang tua. Beberapa perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi kedinasan seperti STAN, STIS, STPI sudah saya coba tetapi gagal semua. 1 tahun berlalu akhirnya saya mengurungkan niat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. Sempat merasa putus asa akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Universitas Gunadarma dengan bidang komputer yang saya sukai yaitu jurusan Teknik Informatika.
            Keluarga saya dahulunya merupakan keluarga yang sering berpindah rumah beberapa tahun sekali karena tidak mempunyai rumah sendiri. Dan pada akhirnya saat keluarga saya semester 2 saya pindah di depok karena sudah mempunyai rumah sendiri. Awal perkuliahan saya cukup baik, saya selalu mengikuti kelas dan praktikum dengan baik dan mendapat ipk diatas 3. Sayapun sempat menjadi ketua kelas IA09 selama 2 tahun hingga kini walaupun pada dasarnya saya kurang dalam hal keorganisasian. Di Universitas Gunadarma pun saya telah mengikuti kursus 1 kali yaitu tentang Database Fundamental dan 7 kali workshop yang berbeda. Saya berkeinginan menjadi sistem analis, white hacker, ataupun game developer.
Biaya perkuliahan yang tinggi perlahan memaksa saya untuk belajar mencari uang sendiri. Sayapun mulai berjualan pulsa untuk dijual ke teman maupun tetangga. Saya juga belajar berjualan barang melalui situs jual beli online sepeti olx, dan tokopedia. Disamping itu saya juga sering membantu pekerjaan ayah saya mengantar berbagai pesanan ikan laut untuk beberapa restoran blok m maupun di monas. Ayah saya merupakan supplier ikan di depok, membeli ikan dari pelelangan dan disimpan di freezer untuk diantar beberapa hari kemudian. Ikan yang dijual antara lain cumi, udang, kakap, tengiri, gindara, gurita, dll. Tetangga saya pun sering membeli ikan untuk keperluan bakar-bakar maupun konsumsi harian. Alhamdulillah,  seringnya saya membantu ayah saya membuat adik saya juga bisa berkuliah di Universitas Gunadarma Jurusan Arsitektur yang baru-baru ini masuk semester 2.
            Kelebihan yang saya miliki yaitu tanggungjawab atas yang saya emban, jujur, berani mencoba hal baru dan bersahaja. Kekurangan yang saya miliki yaitu tidak fokus bila menekuni beberapa hal berbeda sekaligus, emosional dan tidak supel bergaul dengan orang lain. Kesimpulan yang saya dapatkan ialah apa yang kita sukai sedari dulu akan berdampak baik pada kita kelak dan janganlah malu untuk melakukan hal yang berguna. Saya tidak bisa menilai sifat saya sendiri karena akan berujung meninggikan hati maupun merendahkan diri. Sifat itu relatif, tergantung orang melihat dari sisi mana. Biarkan orang lain menilai saya sendiri. Itulah yang saya dapat kemukakan, semoga tulisan saya dapat memotivasi saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan bagi pembaca dapat mendapatkan inspirasi dari apa yang saya tulis.




No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!