TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Wednesday, November 20, 2013

New Media (Definisi, Pandangan, Manfaat, Komponen, & Aplikasi)



Definisi New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Pandangan New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.
Manfaat New Media
Dari penjelasan New Media diatas maka dapat diketahui New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
- Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
- Sebagai Media transaksi jual beli
- Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
- Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
-  Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
Dampak Buruk
- Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
- Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
- Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.
Komponen New Media
        Komponen media yaitu : internet & web, Komputer/laptop, Portable Media Player, Mobile Phone, Video Game/Game komputer, Virtual Reality, DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc), VCDs (Compact Discs), dll.
Internet saat ini dimana hampir seluruh manusia menggunakannya dengan berbagai keperluan masing-masing untuk dapat mengakses situs yang ingin dituju untuk mendapat apa yang sedang dicari baik info terbaru maupun ingin berinteraksi jarak jauh melalui jejaring sosial, seperti facebook, ym, twitter dll.

Aplikasi New Media
         Sebenarnya Aplikasi New Media saat ini sangat banyak tapi untuk kali ini saya akan memberikan contoh hanya beberapa contoh aplikasi New Media, seperti:
  • Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita dan informasi tertentu.
  • CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
  • Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan ( streaming) dan berita secara audio visual.
  • Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung dengan sesama user yang sengaja dibagikan kepada publik.
  • BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
Konsep, proses dan tahapan pengembangan aplikasi new media yang interaktif  dan menarik
Aplikasi new media ini diciptakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan kegiatanya. Baik itu belajar, mengajar maupun dalam kegiatanya yang lain. Di era modern ini tentu kita mengenal berbagai situs/web yang memberikan layanan edukasi yang menarik dan interaktif mungkin salah satu contohnya youtube. Youtube merupakan salah satu new media yang sangat interaktif dan menarik. Di youtube ini kita bisa belajar ataupun memberikan sedikit ilmu kita lewat video yang kita upload, di youtube juga kita bisa mempelajari/mencari ilmu yang menarik secara gratis. Contohnya di bawah ini kita bisa belajar memetik chord akustik peterpan-semua tentang kita:

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!