TARSITE

Selamat datang di Artaviean Site :). Situs ini berisi tentang ragam artikel yang ditulis sendiri maupun dari situs lain mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komputer, SEO, dan artikel menarik lainnya.

Sunday, April 27, 2014

Pengertian SEO dan layanan SEO



I. Pengertian dan Definisi SEO
SEO  (Search Engine Optimization) adalah suatu cara untuk mengoptimisasi suatu halaman website/blog kita agar berada pada halaman/posisi satu di search engine seperti GoogleBing, dan Yahoo. dengan kata kunci yang ditarget.
II. Sekilas Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.


III. Contoh SEO
Saya mempunyai sebuah artikel puisi yaitu "Rintik Hujan Yang Tersisa" . Kemudian saya ketikkan artikel tersebut pada search engine google. Alhasil halaman blog saya tampil di halaman 1 yang teratas di google.


IV. Keuntungan Melakukan SEO
1) Mendatangkan Pengunjung yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

2) Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3) Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.


V. Cara meningkatkan SEO
1. Update Artikel Setiap Hari
Selalu meng-update artikel adalah pekerjaan wajib sebagai blogger misalnya, dan tentunya artikel tersebut adalah artikel yang sangat memiliki nilai pikat yang tinggi. Tak usah terlalu banyak menulis artikel akan tetap cukup satu atau dua saja kalian update, asal itu adalah artikel yang fresh dan memang sedang dicari-cari orang (masih hangat dibicarakan oleh media). Tujuannya adalah agar situs kalian ini tetap terlihat hidup
2. Submit Artikel ke Sosial Bookmark
Alat promosi yang memang sangat ampuh adalah submit artikel ke berbagai sosial bookmark. Banyak sosial bookmark yang tersedia di internet, misalnya Lintas.me,Infogue.com,Antarblog.com dan masih banyak lagi yang lainnya.Saran saya untuk para blogger pemula, submitlah artikel / konten blog kalian ke sosial bookmark, jika kalian beruntung dan masuk dalam jajaran 10 Top Hits, maka kalian akan cepat kebanjiran banyak pengunjung.
3. Pasang Artikel Terkait di Blog / website
Salah satu cara jitu ini juga sangat banyak digunakan bagi kalangan webmaster maupun blogger profesional SEO sekalipun. Mengapa ini juga tergolong trik yang bisa membuat pengunjung mebeludak, karena cara ini pun cara yang sangat friendly sebab memberi kemudahan untuk para pengunjung untuk dengan cepat mengetahui berita-berita atau konten-konten yang terkait.
4. Buatlah Navigari Situs yang Baik dan Terarah 
Ciptakan sebuah kenyamanan bagi para pengunjung dengan menyediakan layanan navigasi yang baik. Navigasi ini juga sebagai langkah ampuh untuk membuat situs kalian dibanjiri para pengunjung. Pembuatan menu misalnya adalah salah satu pemegang peran penting karena dengan menyediakan menu-menu pada situs, ini adalah sebuah gambaran kecil tentang sitemap situs kalian sendiri.
5. Pasang Arsip Blog
Jika anda malas memasang artikel berkaitan, hal yang mungkin anda lakukan adalah memasang blog arsip merupakan pilihan yang wajib untuk di lakukan. banyak blog-blog bermuatan besar seperti terselubung.blogspot.com yang menjadikan blog arsip nya sebagai ladang pageview dan ini memang terbukti ampuh. Cara memasangnya sendiri cukup mudah karena sudah disediakan oleh blogspot di tambah gadget >>> Arsip blog
6. Pasang Artikel Penting di Sidebar 
Manfaatkanlah fasilitas sidebar anda untuk memberi kemudahan bagi para pengunjung sebuah situs adalah untuk menemukan artikel yang sangat bermanfaat, navigasikan sidebar anda dengan blogroll atau link artikel andalan, jangan lupa untuk menuliskan judul yang menarik dan tampilan elegan ini akan sangat membantu jumlah pageview anda dimasa yang akan datang.
7. Buatlah Blog Menjadi Secepat Mungkin
Hal ini bisa kalian lakukan dengan cara menghapus beberapa widget yang dirasa kurang terlalu penting namun justru ini akan memberatkan sebuah speed situs kalian untuk di load oleh web browser para pengunjung. Semakin lama halaman situs kalian terbuka maka secara otomatis akan melangsingkan jumlah visitor kalian.Sobat bisa mengecek kecepatan blog sobat di Iwebtool.com
8. Gunakan Jejaring Sosial 
Manfaatkan jejaring-jejaring sosial yang tersedia seperti facebook dan twitter. Hal ini bisa kalian lakukan dengan berpromosi konten-konten yang menarik dan tentunya yang sedang hot news atau yang paling banyak dicari oleh orang-orang.



9. Lakukan Backlink
Cara promosi yang sangat familiar sekali untuk kalangan blogger adalah backlink.Saling bertukar link (Link Exchange) adalah hal yang perlu dilakukan. Sebagai kiat cemerlang untuk berpromosi, ini juga bisa sebagai cara untuk ajang kekerabatan antar blogger.
10. Daftarkan Blog ke Mesin Pencari
            Ini adalah hal yang palin penting bagi para blogger yang mempunyai blog pastinya karena dengan cara ini, secara langsung kalian akan mempermudah peng-indeks-an URL kalian di mesin pencari secara mudah. Artinya jika kalian mendaftarkan URL kalian sendiri, ini akan mempermudah mesin pencari mengindeks URL tanpa ia harus mencarinya sendiri yang tentunya akan memakan waktu yang lumayan lama.Sobat bisa mendaftarkan blog sobat di http://www.freewebsubmission.com/

VI. Layanan SEO ( Google Analytics)

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-clickemail marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google.
Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat http://google analytics.com. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.



Fitur-Fitur yang mendukung:

Alat Analisis
Google Analytics dibuat pada platform pelaporan yang kuat dan mudah digunakan, sehingga Anda dapat memutuskan data yang ingin dilihat dan menyesuaikan laporan, hanya dengan beberapa klik.

Analisis Konten
Laporan konten membantu Anda memahami bagian mana dari situs web yang berkinerja baik dan laman mana yang paling populer sehingga Anda dapat membuat pengalaman yang lebih baik lagi untuk pelanggan.

Analisis Sosial
Web adalah wadah sosial dan Google Analytics mengukur keberhasilan program media sosial Anda. Anda dapat menganalisis cara pengunjung berinteraksi dengan berbagi fitur di situs (seperti tombol +1 Google) dan terlibat dengan konten di berbagai platform sosial.

Analisis Seluler

Google Analytics membantu Anda mengukur pengaruh seluler pada bisnis Anda. Selain itu, jika Anda membuat aplikasi seluler, Google Analytics menawarkan Peralatan Pengembangan Perangkat Lunak untuk iOS dan Android sehingga Anda dapat mengukur bagaimana orang menggunakan aplikasi Anda.


Analisis Konversi

Mencari tahu jumlah pelanggan yang Anda pikat, jumlah penjualan Anda, dan keterlibatan pengguna dengan situs lewat rangkaian fitur analisis dari Google Analytics.


Analytics Periklanan

Memaksimalkan iklan Anda dengan mempelajari cara kerja iklan sosial, seluler, penelusuran, dan display Anda. Tautkan aktivitas situs web Anda ke kampanye pemasaran untuk mendapatkan gambaran lengkap dan meningkatkan kinerja iklan Anda.



Orang yang dapat menggunakan Analytics
Staf Eksekutif dapat mempelajari:
  • Program pemasaran apakah yang paling efektif
  • Pola/tren kunjungan situs web yang akurat
  • Pelanggan dan segmen pelanggan manakah yang paling menguntungkan
Staf Pemasaran dapat mempelajari:
  • Dari mana pengunjung berasal dan apa yang mereka lakukan di situs
  • Bagaimanakah cara agar situs web mengonversi lebih banyak pengunjung menjadi pelanggan
  • Kata kunci apakah yang menarik bagi prospek dan mengarah ke konversi
  • Materi iklan atau iklan daring apakah yang paling efektif
Pengembang & Konten dapat mempelajari:
  • Lokasi keluarnya pengunjung situs
  • Laman mana yang paling lama mempertahankan pengunjung
  • Istilah penelusuran apa yang biasa digunakan untuk menemukan situs .
  •  
Bagaimanakah cara menggunakan Analytics?
Anda dapat menggunakan Analytics untuk melacak berbagai konten berbasis-web.
  • Melacak beberapa situs web
Google Analytics akan melacak sebanyak mungkin situs web yang Anda miliki! Kami memberikan beberapa profil di akun, sehingga Anda dapat melihat laporan individual untuk domain atau subdomain tertentu.
  • Melacak laman blog, MySpace, atau Facebook Anda
Untuk menggunakan Google Analytics dalam melacak laman di Facebook, MySpace, WordPress, atau solusi lainnya, kami menyarankan agar menelusuri widget pihak ketiga yang memudahkan penyiapan Analytics untuk kerangka situs yang ditentukan sebelumnya. Anda mungkin tidak dapat menggunakan Analytics di situs tempat Anda tidak dapat mengedit kode laman (seperti di MySpace, misalnya). Namun, seringkali Anda dapat menemukan plugin atau widget yang akan membantu dalam menggunakan Analytics di laman Anda.
  • Melacak kunjungan dari umpan RSS
Agar Google Analytics dapat melacak data, sangatlah penting untuk mengeksekusi kode pelacakan Google Analytics. Karena sebagian besar pustaka RSS/atom tidak dapat mengeksekusi JavaScript, maka Analytics tidak akan menghitung tayangan laman yang dimuat melalui pustaka RSS. Analytics mengharuskan pengunjung menjalankan berkas JavaScript di server Google dengan tujuan untuk melacak tayangan laman tersebut.
  • Menggunakan Analytics bersamaan dengan solusi analisis web lainnya
Anda dapat menjalankan Google Analytics secara paralel dengan solusi pihak ketiga atau internal apa pun yang telah digunakan.


Berapakah Biaya Analytics?
Jika situs Anda menghasilkan 10 juta atau lebih sedikit klik per bulan, maka Google Analytics gratis. Jika situs Anda menghasilkan lebih dari 10 juta klik per bulan, maka kami menawarkan peningkatan batas sebagai bagian dari Google Analytics Premium



No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar disini :) . Gunakan kata-kata yang baik, berilah masukkan dan kritikan yang membangun. Secepatnya saya akan balas. Komentar yang tidak baik, SARA, dan SPAM saya akan hapus!